Minggu, 04 November 2018

Potret Kasih Allah 05 Nop 2018


Yang Harus Dipikirkan

“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang  benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu” (Filipi 4:8).

Kita semua telah mendengar orang berkata, “Saya benar-benar tidak tahu harus berpikir apa.” Si pembicara merasa bingung tentang sesuatu. Barangkali suatu kali kita semua pernah mengalami hal seperti itu. Tapi ketika berbicara tentang gaya hidup, Paulus mengatakan kepada jemaat di Filipi penerima suratnya apa yang harus mereka pikirkan

Semua yang benar -  Paulus menggunakan kata sifat yang menggambarkan sesuatu yang nyata, yang sahih, dan sesuai dengan kenyataan. Ia tidak mengajukan sebuah fiksi yang tak dapat diterima oleh jemaat Kristen. Fiksi yang baik, meskipun sebuah kiasan rekaan, merupakan cerminan mendalam dari kenyataan.

Semua yang mulia – Kata sifat ini merujuk pada sesuatu yang mengandung harga diri. Ia menyatakan sebuah kualitas hidup yang menimbulkan kekaguman dan rasa hormat dari orang lain. Dalam bahasa Yunani sekuler, istilah ini dugunakan untuk orang, khususnya orang yang sudah tua, yang memiliki karakter mantap dan bijaksana. Keutamaan menandai hidup mereka. Mereka orang-orang yang serius dan tak bersikap aneh-aneh.

Semua yang adil – Paulus menggunakan sebuah kata sifat yang umum digunakan di antara orang-orang kafir. Ia menunjukkan sebuah kualitas yang selaras dengan norma-norma masyarakat – yang dianggap umum sebagai pantas dan adil. Istilah ini menggambarkan kepatuhan terhadap hukum dalam hubungan dengan sesama dan ketaatan kepada Allah. Ia juga menekankan sebuah integritas.

Semua yang suci – Istilah ini berarti bersih – bukan secara fisik tapi secara moral. Ia merujuk pada kebebasan dari noda dan dapat diterjemahkan “tak berdosa.” “rendah hati,” atau “tulus hati.”

Semua yang manis – Kata yang dipilih Paulus mengandung arti sesuatu yang membuat orang senang. Secara negative; itu bukan sesuatu yang tidak menyenangkan. Secara positif: itu adalah sesuatu yang memikat hati – dalam arti yang baik.

Semua yang sedap didengar – Sesuatu yang patut dihindari karena begitu menjijikkan, tapi kata sifat yang satu ini menggambarkan sesuatu  yang begitu bermanfaat – pantas menerima penghargaan. Kata benda bentukan ini dapat diterjemahkan sebagai “yang [seharusnya]   dihormati dan dihargai orang.”

Kesimpulannya, Paulus menulis pilkiran kita dapat memikirkan segala sesuatu yang secara moral dapat di sebut kebajikan dan patut di puji.



Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...