Kamis, 03 Januari 2019

Kita Disucikan Serbagaimana Kristus Itu Suci


Kita Disucikan Serbagaimana Kristus Itu Suci

“Setiap orang yang menaruh  pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci” (1 Yohanes 3:3).

Kristus akan mengangkat dan menyucikan pikiran manusia, memurnikannya dari semua sampah, agar ia dapat menghargai kasih yang tiada bandingannya itu.

Melalui pertobatan, iman dan perbuatan baik, Ia dapat menyempurnakan karakter orang benar, dan menyatakan, melalui kebaikan Kristus, hak istimewa anak-anak Allah. Prinsip kebenaran Ilahi, yang diterima dan dipelihara dalam hati, akan membawa kita pada kesempurnaan moral yang tidak sanggup kita capai sendiri…. “Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia adalah suci..”

Kesucian hati dan kemurnian hidup adalah pokok-pokok utama ajaran Kristus. Dalam khotbah-Nya di bukit, setelah merinci apa yang harus dilakukan agar diberkati, dan apa yang tidak boleh dilakukan. Ia berkata: “Karena itu haruslah kamu sempurna.” Kesempurnaan, kesucian – tidak ada hal semacam ini yang membawa keberhasilan dalam melaksanakan prinsip-prinsip yang telah diberikan-Nya. Tanpa kesucian ini, hati manusia mementingkan diri, penuh dosa dan jahat. Kesucian akan menuntun pemiliknya untuk berbuah, dan berlimpah dalam segala perbuatan baik. Ia tidak akan pernah lelah dan berbuat benar; tidak juga mencari kenaikan pangkat di dunia ini; namun ia menanti-nanti agar diangkat oleh Yang Maha Tinggi di surga, ketika Ia akan mengangkat orang-orang-Nya yang suci dan disucikan ke atas takhta-Nya… kesucian hati akan menghasilkan perbuatan yang benar..

Sebagaimana Allah suci dilingkungan-Nya, maka manusia pun akan menjadi suci di dalam lingkungannya. Dan dia akan menjadi suci bilamana Kristus tinggal di dalam dia, pengharapan kemuliaan; karakter dia akan meniru kehidupan Kristen dan memantulkan karakter-Nya.

Karakter Kristen yang menyerupai Ilahi akan bersinar seperti matahari, dan sinar terang dari wajah Kristus akan dipantulkan ke atas mereka yang telah disucikan sebagaimana Dia yang adalah suci.

Kesucian hati akan menuntun kepada kesucian hidup.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...