Nehemia 11:1-36
Pembagian dengan Undi
11:1 Para pemimpin bangsa menetap di Yerusalem, k sedang orang-orang lain membuang undi untuk menentukan satu dari sepuluh orang yang harus menetap di Yerusalem, kota yang kudus l itu, sedang yang sembilan orang lagi tinggal di kota-kota m yang lain. 11:2 Orang-orang memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem. 11:3 Inilah kepala-kepala propinsi Yehuda yang menetap di Yerusalem, sedang di kota-kota di Yehuda setiap orang, yakni orang-orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi, para budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo, tinggal di tanah miliknya, di kotanya n sendiri. 11:4 Di Yerusalem o tinggal orang-orang dari bani Yehuda dan bani Benyamin. p Dari anak-anak Yehuda: Ataya bin Uzia bin Zakharia bin Amarya bin Sefaca bin Mahalaleel dari bani Peres, 11:5 dan Maaseya bin Barukh bin Kolhoze bin Hazaya bin Adaya bin Yoyarib bin Zakharia keturunan orang Syela. 11:6 Semua bani Peres yang tinggal di Yerusalem berjumlah empat ratus enam puluh delapan orang yang gagah perkasa. 11:7 Dan inilah bani Benyamin: Salu bin Mesulam bin Yoed bin Pedaya bin Kolaya bin Maaseya bin Itiel bin Yesaya. 11:8 Dan sesudah dia: Gabai, Salai: sembilan ratus dua puluh delapan orang. 11:9 Yoel bin Zikhri adalah pengawas mereka, sedang Yehuda bin Hasenua adalah wakil penguasa kota. 11:10 Dari para imam: Yedaya bin Yoyarib, Yakhin, 11:11 Seraya q bin Hilkia bin Mesulam bin Zadok bin Merayot bin Ahitub, r pemuka rumah Allah, 11:12 dan saudara-saudara mereka yang bertugas di rumah itu: delapan ratus dua puluh dua orang. Pula Adaya bin Yeroham bin Pelalya bin Amzi bin Zakharia bin Pasyhur bin Malkia 11:13 dan saudara-saudaranya, kepala-kepala kaum keluarga: dua ratus empat puluh dua orang. Dan Amasai bin Asareel bin Ahzai bin Mesilemot bin Imer, 11:14 dan saudara-saudara mereka, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, seratus dua puluh delapan orang dengan Zabdiel bin Gedolim sebagai pengawas mereka. 11:15 Dari orang-orang Lewi: Semaya bin Hasub bin Azrikam bin Hasabya bin Buni. 11:16 Pula Sabetai s dan Yozabad, t kepala-kepala orang-orang Lewi, yang mengawasi pekerjaan di luar rumah Allah. 11:17 Lalu Matanya u bin Mikha bin Zabdi bin Asaf, v pemimpin yang mengangkat nyanyian syukur dalam doa, dan Bakbukya, orang kedua di antara saudara-saudaranya, dan Abda bin Samua bin Galal bin Yedutun. w 11:18 Semua orang Lewi di kota kudus x ada dua ratus delapan puluh empat orang. 11:19 Para penunggu pintu gerbang: Akub dan Talmon dengan saudara-saudara mereka yang mengadakan penjagaan di pintu-pintu gerbang, berjumlah seratus tujuh puluh dua orang. 11:20 Selebihnya dari orang-orang Israel awam dan dari para imam dan orang-orang Lewi ada di semua kota Yehuda, masing-masing di tanah pusakanya. 11:21 Tetapi para budak y di bait Allah tinggal di Ofel. Ziha dan Gispa adalah pemimpin para budak di bait Allah itu. 11:22 Pengawas orang-orang Lewi di Yerusalem adalah Uzi bin Bani bin Hasabya bin Matanya z bin Mikha dari bani Asaf, yakni para penyanyi yang menyanyi sementara berlangsung kebaktian di rumah Allah. 11:23 Karena mengenai mereka ada perintah raja yang menetapkan peraturan untuk para penyanyi a menurut keperluan setiap hari. 11:24 Petahya bin Mesezabeel dari bani Zerah b bin Yehuda diperbantukan kepada raja untuk segala urusan mengenai bangsa itu. 11:25 Tentang tempat-tempat kediaman di daerah perladangan, sebagian dari bani Yehuda tinggal di Kiryat-Arba c dan segala anak kotanya, di Dibon d dan segala anak kotanya dan di Yekabzeel dan desa-desanya; 11:26 di Yesua, di Molada e dan Bet-Pelet, f 11:27 di Hazar-Sual, g di Bersyeba h dan segala anak kotanya, 11:28 di Ziklag, i di Mekhona dan segala anak kotanya, 11:29 di En-Rimon, Zora, j Yarmut, k 11:30 Zanoah, l Adulam m dan desa-desanya, di Lakhis n dan ladang-ladangnya, dan di Azeka o dan segala anak kotanya. Demikianlah mereka berkampung dari Bersyeba p sampai lebak Hinom. 11:31 Dan bani Benyamin tinggal mulai dari Geba, q di Mikhmas, r di Aya, di Betel s dan segala anak kotanya, 11:32 di Anatot, t Nob u dan Ananya, 11:33 di Hazor, v Rama w dan Gitaim, x 11:34 di Hadid, Zeboim y dan Nebalat, 11:35 di Lod dan di Ono, z Lembah Tukang-tukang. 11:36 Beberapa rombongan orang Lewi dari Yehuda bergabung dengan orang Benyamin.==========================================================
Untuk menentukan suatu keputusan, dibutuhkan suatu cara. Tradisi kuno memaparkan pola undian dalam pengambilan keputusan. Demikian pula untuk pembagian tempat tinggal bagi orang-orang Israel yang ada pada zaman Nehemia. Undian dipakai untuk menentukan keluarga yang berhak tinggal di Yerusalem atau kota-kota sekitarnya. Model undian seperti ini ternyata bisa diterima oleh semua pihak.
Melempar undi adalah kebiasaan kuno dalam pengambilan keputusan atas suatu masalah. Alkitab mencatat model undian, yakni: Pertama, undi untuk menentukan pilihan kambing bagi Allah Israel dan Azazel pada Hari Perdamaian (Im. 16:7-10). Kedua, penarikan undi untuk menentukan urutan pelayanan di Bait Allah (1Taw. 24:5-18). Dalam hal ini, sekretaris orang Lewi menulis nama para kepala keluarga dari pihak bapak, kemudian mereka tampaknya dipilih secara berurutan. Dengan cara ini juga, tugas orang Lewi di Bait Allah ditentukan, yaitu siapa yang akan menjadi penyanyi, penjaga gerbang, bendahara, dan sebagainya.
Dalam Kitab Nehemia, undian dilakukan untuk menentukan pengaturan penyediaan kayu bakar untuk Bait Allah (10:34) dan untuk menetapkan siapa yang harus pindah ke Yerusalem (11:1). Para pemimpin bangsa menetap di Yerusalem, sedangkan orang-orang lain membuang undi untuk menentukan siapa yang menetap di Yerusalem (3-20). Bagi mereka yang mendapat tugas diwajibkan tinggal di Yerusalem (21-36). Selebihnya secara otomatis tinggal di Yehuda (20).
Apakah orang-orang zaman sekarang masih menggunakan undi sebagai alat bantu menyelesaikan persoalan? Bisa jadi ya. Ada beberapa pengundian yang masih berlangsung di era modern ini. Misalnya, pengundian menentukan posisi permainan atau pertandingan, pengundian untuk mendapat hadiah, pengundian untuk mendapatkan urutan maju ke depan dan sebagainya. Model ini masih dapat kita gunakan hanya sebatas kesepakatan bersama sehingga hasil yang diperoleh bisa diterima dengan baik oleh semua pihak. [WLD].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar