Nehemia 7:1-73
Pasca Pembangunan
7:1 Setelah tembok selesai dibangun, aku memasang pintu-pintu. Lalu diangkatlah penunggu-penunggu e pintu gerbang, para penyanyi f dan orang-orang Lewi g . 7:2 Pengawasan atas Yerusalem aku serahkan kepada Hanani, h saudaraku, dan kepada Hananya, i panglima benteng, j karena dia seorang yang dapat dipercaya dan yang takut k akan Allah 1 lebih dari pada orang-orang lain. 7:3 Berkatalah aku kepada mereka: "Pintu-pintu gerbang Yerusalem jangan dibuka sampai matahari panas terik. Dan pintu-pintunya harus ditutup dan dipalangi, sementara orang masih bertugas di tempatnya. Tempatkanlah penjaga-penjaga dari antara penduduk Yerusalem, masing-masing pada tempat-tempat penjagaan dan di depan rumahnya."
Daftar
orang-orang yang kembali dari pembuangan
7:4
Adapun kota itu luas dan besar, tetapi penduduknya l sedikit dan rumah-rumah belum
dibangun. 7:5 Maka
Allahku memberikan dalam hatiku rencana untuk mengumpulkan para pemuka, para
penguasa dan rakyat, supaya mereka dicatat dalam silsilah. Lalu kudapati daftar
silsilah orang-orang yang lebih dahulu berangkat pulang. Dalam daftar itu
kudapati tertulis: 7:6 Inilah
orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, m yakni para tawanan, yang dahulu
diangkut oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke
Yehuda, masing-masing ke kotanya. 7:7 Mereka
datang bersama-sama Zerubabel, n Yesua, Nehemia, Azarya, Raamya,
Nahamani, Mordekhai, Bilsan, Misperet, Bigwai, Nehum dan Baana. Inilah daftar
orang-orang bangsa Israel: 7:8 bani
Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang; 7:9 bani
Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang; 7:10 bani
Arakh: enam ratus lima puluh dua orang; 7:11 bani
Pahat-Moab, yakni bani Yesua dan Yoab: dua ribu delapan ratus delapan belas
orang; 7:12 bani
Elam: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 7:13 bani
Zatu: delapan ratus empat puluh lima orang; 7:14 bani
Zakai: tujuh ratus enam puluh orang; 7:15 bani
Binui: enam ratus empat puluh delapan orang; 7:16 bani
Bebai: enam ratus dua puluh delapan orang; 7:17 bani
Azgad: dua ribu tiga ratus dua puluh dua orang; 7:18 bani
Adonikam: enam ratus enam puluh tujuh orang; 7:19 bani
Bigwai: dua ribu enam puluh tujuh orang; 7:20 bani
Adin: o enam ratus lima puluh lima orang; 7:21 bani
Ater, yakni bani Hizkia: sembilan puluh delapan orang; 7:22 bani
Hasum: tiga ratus dua puluh delapan orang; 7:23 bani
Bezai: tiga ratus dua puluh empat orang; 7:24 bani
Harif: seratus dua belas orang; 7:25 bani
Gibeon: sembilan puluh lima orang; 7:26
orang-orang Betlehem dan Netofa: p seratus delapan puluh delapan orang; 7:27
orang-orang Anatot: q seratus dua puluh delapan orang; 7:28
orang-orang Bet-Azmawet: empat puluh dua orang; 7:29
orang-orang Kiryat-Yearim, Kefira r dan Beerot: s tujuh ratus empat puluh tiga orang; 7:30 orang-orang
Rama dan Gaba: enam ratus dua puluh satu orang; 7:31
orang-orang Mikhmas: seratus dua puluh dua orang; 7:32
orang-orang Betel dan Ai: t seratus dua puluh tiga orang; 7:33
orang-orang dari Nebo yang lain: lima puluh dua orang; 7:34 bani
Elam, yakni Elam yang lain: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 7:35 bani
Harim: tiga ratus dua puluh orang; 7:36
orang-orang Yerikho: u tiga ratus empat puluh lima orang; 7:37
orang-orang Lod, Hadid dan Ono: v tujuh ratus dua puluh satu orang; 7:38 bani
Senaa: tiga ribu sembilan ratus tiga puluh orang. 7:39 Inilah
para imam: bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh
tiga orang; 7:40 bani
Imer: seribu lima puluh dua orang; 7:41 bani
Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang; 7:42 bani
Harim: seribu tujuh belas orang. 7:43 Inilah
orang-orang Lewi: bani Yesua, yakni bani Kadmiel dan bani Hodewa; tujuh puluh
empat orang. 7:44 Inilah
para penyanyi: w bani Asaf: seratus empat puluh delapan
orang. 7:45 Inilah
para penunggu x pintu gerbang: bani Salum, bani Ater,
bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai: seratus tiga puluh delapan
orang. 7:46 Inilah
para budak y di bait Allah: bani Ziha, bani Hasufa,
bani Tabaot; 7:47 bani
Keros, bani Sia, bani Padon; 7:48 bani
Lebana, bani Hagaba, bani Salmai; 7:49 bani
Hanan, bani Gidel, bani Gahar; 7:50 bani
Reaya, bani Rezin, bani Nekoda; 7:51 bani
Gazam, bani Uza, bani Paseah; 7:52 bani
Besai, bani Meunim, bani Nefusim; 7:53 bani
Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur; 7:54 bani
Bazlit, bani Mehida, bani Harsa; 7:55 bani
Barkos, bani Sisera, bani Temah; 7:56 bani
Neziah, bani Hatifa. 7:57 Inilah
keturunan para hamba Salomo: bani Sotai, bani Soferet, bani Perida; 7:58 bani
Yaala, bani Darkon, bani Gidel; 7:59 bani
Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Amon. 7:60
Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo z ada tiga ratus sembilan puluh dua
orang. 7:61 Inilah
orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adon dan
Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal-usul
mereka termasuk bangsa Israel: 7:62 bani
Delaya, bani Tobia, bani Nekoda: enam ratus empat puluh dua orang; 7:63 dan
dari antara para imam: bani Habaya, bani Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu
memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu
ia dinamai menurut nama keluarga itu. 7:64 Mereka
itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu
tidak didapati, maka mereka dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam. 7:65 Dan
tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan
dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang
Urim dan Tumim. a 7:66
Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh
orang, 7:67 selain
dari budak mereka laki-laki dan perempuan yang berjumlah tujuh ribu tiga ratus
tiga puluh tujuh orang. Pada mereka ada dua ratus empat puluh lima penyanyi
laki-laki dan perempuan. 7:68 Mereka
mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam ekor kuda, dua ratus empat puluh lima
ekor bagal, 7:69 empat
ratus tiga puluh lima ekor unta dan enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor
keledai. 7:70
Sebagian dari kepala kaum keluarga memberi sumbangan untuk pekerjaan itu,
sedang kepala daerah memberi sumbangan untuk perbendaharaan seribu dirham emas,
lima puluh buah bokor penyiraman, dan lima ratus tiga puluh helai kemeja imam. 7:71 Pula
beberapa kepala kaum keluarga b memberi sumbangan untuk perbendaharaan
pekerjaan itu dua puluh ribu dirham emas dan dua ribu dua ratus mina perak. 7:72 Dan
yang disumbangkan oleh orang-orang lain adalah: dua puluh ribu dirham emas, dua
ribu mina perak dan enam puluh tujuh helai kemeja imam. c 7:73 Adapun
para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu dan para penyanyi, juga
sebagian dari rakyat, para budak d di bait Allah dan semua orang Israel
yang lain menetap di kota-kota e mereka.
=====================================================================================
=====================================================================================
dengan kelangsungan hidup bersama dalam tembok Yerusalem.
Setelah tembok Yerusalem selesai dibangun, semua pintu gerbangnya ditutup dan dipalangi. Pengawasan dan keamanan Yerusalem diserahkan pada Hanani. Mengapa Nehemia memilih Hanani? Karena ia dikenal sebagai pribadi yang dapat dipercaya dan takut akan Allah.
Jika kita melihat daftar silsilah pada perikop ini akan ditemukan kesamaan dengan Kitab Ezra pasal yang kedua. Hal ini seakan-akan untuk memastikan bahwa semua yang kembali dari pembuangan adalah orang Yahudi. Dalam silsilah itu terdapat seorang yang namanya sama dengan Nehemia.
Ternyata nama yang dimaksud bukanlah Nehemia yang memimpin pembangunan tembok-tembok Yerusalem.
Penelitian lebih dalam tentang silsilah dilakukan, yaitu apakah mereka masuk dalam kategori imam. Ternyata tidak ada sehingga mereka mesti menunggu proses uji kelayakan untuk jabatan imam. Selain itu, ada orang yang diangkat menjadi penunggu pintu gerbang dan para penyanyi. Untuk kehidupan para imam, penunggu pintu gerbang, dan penyanyi, ada sumbangan sukarela yang diberikan umat Allah sesuai dengan milik mereka.
Perjalanan hidup manusia dalam dunia ini tidak berhenti pada satu titik saja. Setiap orang patut menggali segala potensi yang dimilikinya agar hidupnya memiliki arti. Dengan mendayagunakan potensinya, seseorang sedang membuka diri untuk anugerah dan kehendak Allah terwujud dalam hidupnya. Dengan demikian, ia memiliki banyak pengalaman positif yang dapat dibagikan kepada orang banyak. Karena itu, marilah kita terus-menerus berkarya dalam kehidupan kita di masa yang akan datang demi kemuliaan nama Tuhan. [WLD]
Nehemia 7:1-73
Tujuan pembangunan tembok Yerusalem mulai tercapai. Meski demikian, masih banyak persoalan yang perlu ditangani dengan saksama. Salah satunya adalah bagaimana mengisi Yerusalem yang luas dengan penduduk.Tanpa penambahan penduduk, keamanan Yerusalem akan terancam dari serangan pihak luar. Jika itu terjadi, maka semua upaya dan jerih lelah membangun tembok Yerusalem menjadi kesia-siaan.
Apa saja yang Anda baca?
1. Apa yang dilakukan Nehemia saat tembok Yerusalem selesai dibangun (1)?
2. Kepada siapakah Nehemia memercayakan pengawasan atas Yerusalem (2)?
3. Apa instruksi Nehemia kepada orang-orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem (3)?
4. Apa yang diberikan Allah kepada Nehemia (4-5)?
5. Apa isi daftar orang-orang Yahudi yang kembali dari tanah pembuangan (6-73)?
Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Mengapa kesuksesan dalam pelayanan bersumber pada Allah? Berikan contoh konkretnya?
2. Teladan seperti apa yang dapat dipetik dari relasi Nehemia dengan Allahnya?
Apa respons Anda?
1. Saat kita mendapat tugas sebagai anggota panitia pembangunan gereja, apa yang terlintas dalam pikiran kita? Apa keputusan yang kita ambil dan apa yang menjadi dasar pertimbangan kita?
Pokok Doa:
Memohon agar Tuhan memberikan rasa kesatuan dan kebersamaan dalam hati orang percaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar