Jumat, 23 Juni 2017

Pendalaman Alkitan : Tantangan dalam Pelayanan



Ezra 4:1-24

Tantangan dalam Pelayanan

4:1 Ketika lawan orang Yehuda 1  dan Benyamin mendengar, bahwa orang-orang yang pulang dari pembuangan itu sedang membangun y  bait suci bagi TUHAN, Allah Israel, 4:2 maka mereka mendekati Zerubabel serta para kepala kaum keluarga dan berkata kepada mereka: "Biarlah kami turut membangun 2  bersama-sama dengan kamu, karena kamipun berbakti kepada Allahmu sama seperti kamu; lagipula kami selalu mempersembahkan korban kepada-Nya sejak zaman Esar-Hadon, z  raja Asyur, yang memindahkan kami ke mari. a " 4:3 Tetapi Zerubabel, Yesua dan para kepala kaum keluarga orang Israel yang lain berkata kepada mereka: "Bukanlah urusan kita bersama 3 , sehingga kamu dan kami membangun rumah bagi Allah kami, karena kami sendirilah yang hendak membangun bagi TUHAN, Allah Israel, seperti yang diperintahkan kepada kami b  oleh Koresh, raja negeri Persia." 4:4 Maka penduduk negeri itu melemahkan semangat orang-orang Yehuda dan membuat mereka takut membangun. c  4:5 Bahkan, selama zaman Koresh, raja negeri Persia, sampai zaman pemerintahan Darius, raja negeri Persia 4 , mereka menyogok para penasihat untuk melawan orang-orang Yehuda itu dan menggagalkan rancangan mereka. 4:6 Pada zaman pemerintahan Ahasyweros, d  pada permulaan pemerintahannya, mereka menulis surat tuduhan 5  terhadap orang-orang yang telah menetap di Yehuda dan di Yerusalem. e  4:7 Dan pada zaman Artahsasta f  ditulislah surat oleh Bislam, Mitredat dan Tabeel serta rekan-rekannya yang lain kepada Artahsasta, raja negeri Persia. Naskah surat itu ditulis dalam bahasa Aram dengan terjemahannya. (Dalam bahasa Aram:) g  4:8 Rehum, bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut. 4:9 --Pada waktu itu ditulislah surat itu oleh Rehum, bupati, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan h  mereka yang lain, para hakim dan punggawa dan pegawai-pegawai, orang Persia, orang-orang dari Erekh, i  dari Babel serta orang-orang dari Susan, j  yaitu orang-orang Elam, 4:10 dan bangsa-bangsa lain, yang oleh Asnapar k  yang agung dan mulia itu dipindahkan dan disuruh menetap di kota Samaria dan di daerah yang lain sebelah barat sungai Efrat. l  4:11 Inilah salinan surat yang dikirim mereka 6  kepadanya: "Ke hadapan raja Artahsasta dari hamba-hamba tuanku, orang-orang di daerah sebelah barat sungai Efrat. Maka 4:12 kiranya raja maklum, bahwa orang-orang Yahudi, yang berangkat dari tuanku ke tempat kami, telah tiba di Yerusalem. Mereka sedang membangun kembali kota yang durhaka dan jahat itu; mereka menyelesaikan pembangunan tembok-tembok dan memperbaiki dasarnya. m  4:13 Kiranya raja maklum, bahwa jikalau kota itu sudah dibangun dan tembok-temboknya sudah selesai, orang tidak lagi membayar pajak, upeti atau bea, n  sehingga kota itu akhirnya mendatangkan kerugian kepada raja-raja. 4:14 Sekarang, oleh karena kami mempunyai hubungan dengan raja dan tidak patut bagi kami melihat raja kena cela, maka oleh sebab itu kami menyuruh orang memberitahukan hal itu kepada raja, 4:15 supaya diadakan penyelidikan dalam kitab riwayat o  nenek moyang tuanku. Di dalam kitab riwayat itu tuanku akan mendapati dan mengetahui, bahwa kota itu kota durhaka, yang selalu mendatangkan kerugian kepada raja-raja dan daerah-daerah, dan bahwa orang selalu mengadakan pemberontakan di dalamnya sejak zaman dahulu. Itulah sebabnya maka kota itu dibinasakan. p  4:16 Kami ini memberitahukan kepada raja, bahwa jikalau kota itu sudah dibangun kembali dan tembok-temboknya sudah selesai, maka bagi tuanku kelak tidak ada lagi milik di daerah sebelah barat sungai Efrat." 4:17 Maka raja mengirim surat jawaban ini: "Kepada Rehum, bupati, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan mereka yang lain, yang tinggal di Samaria dan di daerah yang lain seberang sungai Efrat. q  Salam! Maka sekarang, 4:18 surat yang kamu kirim kepada kami, telah dibacakan kepadaku dengan jelas. 4:19 Lalu atas perintahku telah diadakan penyelidikan, dan didapati, bahwa kota itu sejak zaman dahulu selalu bangkit melawan r  raja-raja dan bahwa penduduknya selalu mendurhaka dan memberontak. 4:20 Lagipula dahulu ada raja-raja yang berkuasa atas Yerusalem, yang memerintah seluruh daerah seberang sungai Efrat, s  dan kepada mereka dibayarlah pajak, upeti dan bea. 4:21 Oleh sebab itu, keluarkanlah perintah, untuk menghentikan orang-orang itu, supaya kota itu jangan dibangun kembali, sebelum aku mengeluarkan perintah. 4:22 Dan ingatlah baik-baik supaya jangan kamu perbuat suatu kelalaian dalam perkara ini. Apakah gunanya kerusakan yang menjadi kerugian t  raja-raja itu bertambah besar?" 4:23 Maka setelah salinan surat raja Artahsasta dibacakan kepada Rehum, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan u  mereka, berangkatlah mereka dengan segera ke Yerusalem mendapatkan orang-orang Yahudi, dan dengan kekerasan mereka memaksa orang-orang itu menghentikan pekerjaan 7  itu. 4:24 Pada waktu itu terhentilah pekerjaan 8  membangun rumah Allah yang di Yerusalem, dan tetap terhenti sampai tahun yang kedua zaman pemerintahan Darius, v  raja negeri Persia.
=============================================

Dalam konteks melayani, segala sesuatu tidak selalu berjalan lancar sesuai yang kita harapkan. Karena dunia akan selalu merintangi laju pekerjaan Tuhan di dunia. Demikian pula yang terjadi dengan kaum Israel yang mau membangun kembali Bait Allah yang telah runtuh.

Rombongan yang dipimpin oleh Zerubabel dan Yesua mendapat kunjungan dari ”lawan orang Yehuda dan Benyamin” (1) yang sepertinya menawarkan sesuatu yang baik: “Biarlah kami turut membangun bersama-sama dengan kamu, karena kamipun berbakti kepada Allahmu sama seperti kamu” (2). Tetapi Zerubabel, Yesua dan para kepala kaum keluarga dengan tegas menolak bantuan mereka (3).
Kita perlu melihat bahwa tindakan rombongan Israel tersebut benar dengan beberapa alasan: Pertama, mereka adalah musuh orang Yehuda dan Benyamin. Kedua, berdasarkan keterangan 2Raj. 17:24-34 terjadi sinkretisasi agama dan adat istiadat antara budaya bangsa-bangsa asing dan masyarakat Samaria. Walau mereka mengatakan dirinya menyembah Allah Israel sejak zaman Esar-Hadon, raja Asyur, bukan berarti mereka monoteis. Ada kemungkinan besar mereka penganut politeis. Ketiga, rasa sakit hati karena ditolak membuat mereka memusuhi orang-orang Israel. Di sini kita melihat adanya motivasi yang jahat dalam hati mereka (4). Di antara keempat alasan ini, ketidakmurnian iman dan sinkretisasi agama yang menjadi momok menakutkan bagi mereka yang baru pulang dari pembuangan.

Penolakan tersebut berbuntut panjang. Para musuh Israel melakukan pelbagai cara licik, seperti: menghasut, memfitnah, KKN dengan pejabat daerah dan kerajaan, mengintimidasi, dan memberikan laporan palsu kepada raja. Tujuannya, untuk menghentikan pembangunan Bait Allah dan tembok Yerusalem (4-24).
Tantangan dalam pekerjaan Tuhan sangat berat dan berliku-liku. Karena itu, setiap orang percaya perlu mempersiapkan dirinya untuk tetap teguh dan tidak berkecil hati menghadapi setiap rintangan yang ada. Sebab ada janji Tuhan yang menyertai langkah hidup kita. [IT]

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...