Selasa, 29 September 2020

Kabar Baik 30 Sep 2020 : KEBAKTIAN KELUARGA

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.----Filipi 4: 6. 


  

Di setiap keluarga harus ada waktu yang tetap untuk ibadah pagi dan malam. Betapa tepat bagi para orangtua untuk mengumpulkan anak-anak mereka bersama mereka sebelum waktu puasa dihentikan, untuk berterima kasih kepada Bapa surgawi untuk perlindungan-Nya di malam hari, dan untuk meminta bantuan dan bimbingan-Nya serta pengawasan-Nya pada siang hari! Betapa cocoknya, juga, ketika malam tiba, bagi orangtua dan anak-anak untuk berkumpul sekali lagi di hadapan-Nya dan berterima kasih kepada-Nya atas berkat- berkat hari yang telah berlalu! 

  

Sang ayah, atau, dalam ketidakhadirannya, sang ibu, harus melakukan ibadah, memilih sebagian dari Kitab Suci yang menarik dan mudah dimengerti. Renungan ini harus singkat. Ketika sebuah bab panjang dibaca dan doa panjang yang ditawarkan, renungan ini dibuat melelahkan, dan pada saat renungan ditutup rasa lega dirasakan. Tuhan tidak dihormati ketika jam ibadah dibuat membosankan dan menjengkelkan, ketika itu begitu menjemukan, sehingga kurang menarik, bahwa anak-anak merasa takut. 

  

Para ayah dan ibu, jadikanlah jam ibadah sangat menarik. Tidak ada alasan mengapa jam ini bukannya menjadi jam yang paling nyaman dan menyenangkan dalam hari itu. Dengan memberikan sedikit pemikiran untuk persiapan maka itu akan memungkinkan Anda untuk membuatnya penuh minat dan manfaat. Dari waktu ke waktu biarlah acara renungan ini bervariasi. Pertanyaan-pertanyaan dapat ditanyakan pada bagian Alkitab yang dibacakan, dan beberapa pernyataan yang sungguh-sungguh dan tepat waktu dapat dibuat. Lagu pujian dapat dinyanyikan. Doa yang dipanjatkan harus singkat dan terarah. Sederhananya, kata-kata yang tulus yang diberikan orang yang memimpin dalam doa memuji Tuhan untuk kebaikan-Nya dan meminta pertolongan-Nya. Sewaktu keadaan memungkinkan, biarkan anak-anak bergabung dalam pembacaan dan doa. 

  

Setiap pagi sucikanlah diri Anda dan anak-anak Anda kepada Tuhan untuk hari itu. Jangan dihitung untuk berbulan-bulan atau bertahun-tahun; ini bukan milikmu. Satu hari yang singkat diberikan kepada Anda. Seakan itu adalah yang terakhir di bumi, gunakan selama jam-jamnya untuk sang Guru. Letakkan semua rencana Anda di hadapan Allah, untuk dilaksanakan atau diserahkan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh pemeliharaan-Nya. Terima rencana-rencana-Nya, bukan rencana Anda sendiri, meskipun penerimaannya membutuhkan pengabaian proyek-proyek yang berharga. Dengan demikian kehidupan akan dicetak lebih kepada teladan Ilahi; "Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus" (Flp. 4: 7).


Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...