Selasa, 15 September 2020

KABAR BAIK 22 SEP 20 : PARA ORANGTUA, HAL ITU TERGANTUNG PADAMU

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.----Amsal 22: 6. 

  


Hai para ibu bapa, engkau memikul segala kewajiban yang orang lain tidak dapat pikul untukmu. Selama kamu masih hidup, kamu bertanggung jawab kepada Allah supaya memelihara jalan-Nya .... Para ibu bapa yang menjadikan sabda Allah penuntunnya, dan menyadari betapa tergantungnya pembentukan tabiat anak-anaknya kepada mereka, akan memberikan suatu teladan yang akan aman untuk diikuti anak-anak mereka. 

  

Para ibu bapa bertanggung jawab untuk kesehatan, keadaan jasmani, serta perkembangan tabiat anak-anak mereka. Pekerjaan ini tidak dapat dipindah kepada siapa pun. Untuk menjadi ibu bapa kepada anak-anak, kamu harus bekerjasama dengan Tuhan dalam mendidik anak-anak dalam prinsip-prinsip kesehatan. 

  

Betapa menyedihkan karena banyak ibu bapa membiarkan begitu saja tanggung jawab kepada anak-anak yang diberikan Allah kepada mereka, dan menyerahkan kepada orang- orang asing memikul tanggung jawab bagi mereka! Mereka suka supaya orang-orang lain bekerja bagi anak-anak mereka dan membebaskan mereka dari segala beban masalah itu. 

  

Oleh sesuatu sebab, banyak ibu bapa yang tidak suka memberikan kepada anak-anaknya pendidikan agama. Mereka membiarkan anak-anak itu mengambil pengetahuan tentang kewajiban mereka kepada Allah di Sekolah Sabat, yang seharusnya mereka berikan di rumah. Para ibu bapa yang demikian perlu memahami bahwa Allah ingin agar mereka mendidik, mendisiplin dan melatih anak-anak, dan selalu mengingatkan kepada mereka kenyataan bahwa mereka sedang membangun tabiat untuk sekarang dan untuk kehidupan di masa yang akan datang. 

  

Jangan bergantung kepada guru-guru di Sekolah Sabat untuk mendidik anak-anakmu mengenai jalan yang harus mereka jalani. Sekolah Sabat adalah suatu berkat yang besar; Sekolah Sabat mungkin menolong kamu dalam pekerjaanmu, tetapi tidak akan pernah sekolah itu menggantikan kamu. Allah telah memberikan kepada semua bapa dan ibu kewajiban untuk membawa anak-anak mereka kepada Yesus, mengajar mereka bagaimana berdoa dan percaya kepada Firman Allah. 

  

Dalam pendidikan anak-anakmu janganlah kesampingkan kebenaran Kitab Suci, dan menyangka bahwa Sekolah Sabat dan pendeta akan melakukan pekerjaan yang dilalaikan itu. Kitab Suci bukannya terlalu suci dan terlalu mulia untuk dibuka setiap hari dan diselidiki dengan rajin. GBU.



--Seri Membina Keluarga, jld. l, hlm. 176-178. 

  

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...