Selasa, 08 September 2020

Kabar Baik 13 Sep 20 : ORANG TUA, JADILAH TELADAN YANG BENAR

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.---Efesus 6: 1. 

  

Cara yang paling baik untuk mendidik anak-anak supaya menghormati ibu dan ayahnya ialah dengan memberikan kepada mereka kesempatan, untuk melihat ayah memberi perhatian yang manis kepada ibu dan ibu memberi penghargaan dan penghormatan kepada ayah. Oleh memandang kasih yang diamalkan ibu dan ayah maka anak-anak pun dituntun kepada penurutan hukum yang kelima dan mencamkan nasihat, "Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu-ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi." 

  


Ketika anak-anak memiliki orang tua yang tidak percaya, dan perintah mereka bertentangan dengan tuntutan Kristus, maka, meskipun mungkin menyakitkan, mereka harus mematuhi Tuhan dan percaya pada konsekuensi bersama dengan Dia. Tuhan secara tegas telah memerintahkan kepada anak-anak untuk menghormati ayah dan ibu mereka. Karena mereka memiliki kesempatan dan kemampuan, mereka dengan baik hati memperhatikan orang tua mereka. Hukum ini untuk anak-anak berdiri di kepala dari enam aturan terakhir yang menunjukkan kewajiban kita kepada orang lain. Tetapi sementara anak-anak diperintahkan untuk mematuhi orang tua mereka, orang tua juga diinstruksikan untuk menggunakan otoritas mereka dengan kebijaksanaan. Paulus menulis, "Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan." Perhatian yang luar biasa harus dilakukan oleh orang tua jangan sampai mereka memperlakukan anak-anak mereka sedemikian rupa untuk memprovokasi kegigihan, ketidaktaatan, dan pemberontakan. Orang tua sering membangkitkan nafsu terburuk hati manusia, karena kurangnya kendali diri. Mereka mengoreksi anak-anak mereka dengan semangat marah, dan lebih tepatnya menegaskan anakanak mereka dengan cara jahat dan roh menantang, daripada memengaruhi anak-anak mereka di jalan yang benar. Dengan roh sewenang-wenang mereka sendiri, mendorong anak-anak mereka di bawah pengaruh Iblis, bukannya menyelamatkan mereka dari jerat Iblis dengan kelembutan dan cinta. Betapa menyedihkannya bahwa banyak orang tua yang mengaku sebagai orang Kristen, tetapi tidak bertobat! 

  

Kristus tidak tinggal di dalam hati mereka oleh iman. Meskipun mengaku sebagai pengikut Yesus, mereka membuat anak-anak mereka jijik, dan, dengan kekerasan mereka, amarah yang tak kenal ampun, membuat mereka membenci semua agama. Tidak heran bahwa anak-anak menjadi dingin dan memberontak terhadap orang tua mereka. Namun anak-anak tidak menjadi alasan akan ketidaktaatan karena cara orang tua mereka yang tidak tahu-menahu. 

  

Oh alangkah baiknya setiap keluarga yang mengaku mengabdikan diri kepada Tuhan, begitu dalam perbuatan dan dalam kebenaran! Maka Kristus akan diwakili dalam kehidupan rumah tangga, dan orang tua serta anak-anak akan mewakili Dia di gereja, dan kebahagiaan akan terwujud!

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...