Jumat, 07 Juni 2019

Saat Teduh 8 Juni 2019 : Tuhan yang Sempurna


Keluaran 38:1-20

Tuhan yang Sempurna

Pernahkah Anda tersesat? Apa penyebabnya? Tentu pengalaman kita akan berbeda satu sama lain. Ada yang kesasar karena takut bertanya. Sementara yang lain tersasar justru karena salah mengikuti petunjuk.

Petunjuk sangat penting. Ia adalah sarana pembimbing kepada tujuan. Tugasnya mengarahkan kita pada target. Ia menjaga agar kita tetap fokus pada sasaran. Itu sebabnya petunjuk selalu berisi rambu- rambu. Tak jarang petunjuk memberi komando yang lugas dan terperinci. Semua itu untuk menjaga agar kita tetap ada di atas lintasan yang benar.
Oleh karena sifat tersebut, kadang kita pun sulit memahami petunjuk. Misalkan saja pada nas hari ini. Allah mengatur presisi ukuran mazbah (1). Ornamen lain, seperti, tanduk, perkakas, dan jala-jala tembaga pun diarahkan oleh-Nya (2-7). Sepanjang nas ini, kita akan membaca instruksi teknis tentang membuat mazbah dan pelataran.

Bagi yang bisa berimajinasi, nas ini tentu menarik untuk dibaca. Sebab, ia menawarkan fantasi arsitektur yang unik dan megah. Namun, bagaimana dengan mereka yang sukar membayangkannya? Kita kadang bertanya, ”Mengapa sih harus mengurus hal remeh begitu? Mengapa Allah harus rela ngurusin masalah sepele? Apakah, Allah kurang kerjaan?”
Ada dua prinsip penting sebagai jawaban pertanyaan di atas. Pertama, seperti sudah dikatakan sebelumnya, petunjuk bertugas untuk memastikan atau memandu agar kita tiba pada tujuan. Prinsip kedua, Allah itu sempurna. Ia adalah mulia, paling lengkap, dan utuh dalam semesta ini. Akibatnya, sedikit cacat adalah aib bagi-Nya.

Jika mengacu pada dua prinsip ini, semoga kita tiba pada pemahaman yang lebih maju. Tujuan manusia diciptakan adalah memuliakan Allah. Cara kita memuliakan-Nya, tentu, tidak bisa dilakukan sembarangan karena Ia sempurna. Semua mesti dilakukan sesuai kehendak-Nya. Itulah alasan mengapa Ia selalu mengarahkan umat-Nya dengan aturan yang rinci.

Doa: Tuhan, kami menyembah-Mu karena Engkau sempurna dan kudus. [RP]
------------------------------------

Perfect God
Exodus 38: 1-20
Have you ever been lost? What caused it? Of course our experience will be different from each other. Some are lost because they are afraid to ask. While others are strayed precisely because they were wrong to follow the instructions.
Directions are very important. He is a means of guidance to the goal. The task is to direct us to the target. He keeps us focused on the goal. That's why the instructions always contain signs. Quite often the instructions give straightforward and detailed commands. All of that is to keep us on the right track.

Because of this nature, sometimes we also have difficulty understanding the instructions. Let's say on today's text. God regulates the precision of the size of the sermon (1). Other ornaments, such as horns, tools, and copper nets were directed by Him (2-7). Throughout this passage, we will read technical instructions about making the altar and the court.

For those who can imagine, this passage is certainly interesting to read. Because, he offers a unique and magnificent architectural fantasy. But what about those who have difficulty imagining it? We sometimes ask, "Why does it have to take care of such trivial things? Why does God have to be willing to take care of trivial problems? Is God not working? "

There are two important principles as answers to the questions above. First, as said earlier, the instructions are to ensure or guide us to arrive at our destination. Second principle, God is perfect. He is noble, most complete, and intact in this universe. As a result, a little disability is a disgrace to Him.

When referring to these two principles, may we arrive at a more advanced understanding. Man's goal was created to glorify God. The way we glorify Him, of course, cannot be done carelessly because He is perfect. All must be done according to His will. That is the reason why He always directs His people with detailed rules.

Prayer: Lord, we worship You because You are perfect and holy.

I Salam,
Lambok Geraldo
Yayasan Anggur Baru Ministry
SK KEMHUNKAM No : AHU-0012926.AH.01.04.Tahun 2015
-MENJANGKAU YANG TIDAK TERJANGKAU-
Jln. Batu Bintang #7 B. Batrem Kota Dumai |( : 0852-78144777 | Twitter : @YABministry

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...