Minggu, 23 Juni 2019

Kabar Baik 24 Juni 2019


KATA-KATA YANG BAIK DAN SANTUN

"Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid" (Yesaya 50:4).

Sebagaimana Kristus dalam kehidupan-Nya di bumi ini, seperti itulah seharusnya semua umat Kristen. Dia adalah teladan kita, bukan hanya dalam kemurnian-Nya yang tak bernoda, namun dalam kesabaran-Nya, kelemahlembutan-Nya, dan watak-Nya. Ia teguh sebagaimana batu karang bila berbicara tentang kebenaran dan tugas, namun Ia itu terlalu baik dan santun. Kehidupan-Nya merupakan ilustrasi sempurna dari kesantunan sejati.... Kehadiran-Nya membawa suasana lebih murni ke dalam rumah, dan kehidupan-Nya seperti ragi yang bekerja di tengah elemen masyarakat. Tak berbahaya dan tak ternoda, Ia berjalan di tengah orang-orang yang sembrono, yang kasar, yang tidak santun; di tengah pemungut cukai yang tidak adil, orang Samaria yang jahat, tentara kafir, petani kasar, dan berbagai macam orang banyak.

Ia mengucapkan perkataan simpati di sana sini saat melihat orang-orang yang letih lesu dan berbeban berat. Ia turut merasakan beban mereka dan mengulangi pelajaran yang Ia pelajari dari alam, tentang kasih, kebaikan, dan kemurahan Allah. Ia berusaha menanamkan harapan kepada orang-orang yang paling kasar dan tak menjanjikan; Ia memberikan jaminan agar mereka bisa menjadi yang tak bersalah dan tak berbahaya, memperoleh karakter yang menjadikan mereka anak Allah.... Yesus berada di meja pemungut cukai sebagai tamu kehormatan, oleh simpati-Nya dan kebaikan bersosial menunjukan bahwa Ia mengakui martabat manusia; dan manusia rindu agar layak mendapatkan kepercayaan-Nya. Ke atas jiwa mereka yang dahaga perkataan-Nya diterima sebagai kuasa berkat dan memberi kehidupan. Gerakan hati yang baru dibangunkan, dan kemungkinan suatu kehidupan baru terbuka bagi mereka yang disingkirkan dari masyarakat.

Agama Yesus memperlembut apa pun yang keras dan kasar dalam watak dan memperhalus apa pun yang kasar dan tajam dalam perilaku. Agama inilah yang membuat perkataan lemah lembut dan tingkah laku baik. Marilah kita belajar dari Kristus bagaimana memadukan pemahaman tinggi terhadap kemurnian dan integritas dengan watak yang cemerlang. Orang Kristen yang baik dan santun adalah argumen paling ampuh yang bisa dihasilkan oleh Injil.

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...