Sabtu, 10 Oktober 2020

KABAR BAIK 13 OKT 2020 : JALAN MASUK KEPADA TUHAN

Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.----Ibrani 9: 24. 

 


Dalam istana yang di atas, Kristus sedang memohon untuk jemaat-Nya--memohon untuk mereka yang telah dibayar-Nya dengan harga tebusan dosa darah-Nya. Berabad-abad, zaman demi zaman, tidak pernah dapat dikurangi kemanjuran tebusan pengorbanaa-Nya itu. 

  

Dosa Adam dan Hawa menyebabkan perpisahan mengerikan di antara Allah dan manusia. Dan Kristus melangkah di antara manusia berdosa dan Allah, lalu berkata kepada manusia: "Namun kamu boleh datang kepada Bapa; ada suatu rencana disediakan melalui mana Allah dapat diperdamaikan kepada manusia, dan manusia kepada Allah; melalui seorang pengantara kau dapat menghampiri Allah." Dan kini Ia berdiri untuk mengantarai saudara. Dialah Imam Besar yang agung yang memohon atas namamu; dan saudara harus datang dan mengungkapkan persoalanmu kepada Bapa melalui Yesus Kristus. Dengan demikian saudara memperoleh jalan masuk kepada Bapa. 

  

Kristus Yesus digambarkan sebagai mezbah yang berdiri selamanya, yang setiap saat dipersembahkan korban bakaran karena dosa-dosa dunia di atasnya. Dialah seorang pelayan dari Bait Suci yang sesungguhnya yang didirikan Tuhan bukan buatan tangan manusia. Bait Suci orang Yahudi yang merupakan lambang keupacaraan tidak lagi memiliki manfaatnya. Upacara harian dan tahunan dari penebusan tidak lagi diadakan, tetapi korban penebusan melalui seorang pengantara adalah penting karena dosa-dosa yang terus-menerus dilakukan. Yesus melaksanakan upacara di hadapan hadirat Allah, mempersembahkan tetesan darah-Nya, sebagai seekor domba yang disembelih. 

  

Upacara-upacara agama, doa-doa puji-pujian, pengakuan dosa yang disesali, naik dari umat-umat percaya bagaikan bau-bauan yang harum ke dalam Bait Suci di surga; walau melalui saluran-saluran manusia yang jahat, mereka begitu rusak dan kecuali disucikan oleh darah, maka mereka tidak ada artinya di hadapan Allah .... Asap pengorbanan dari Bait Suci di dunia harus dibasahi dengan tetesan darah Kristus. Ia memegang di hadapan Bapa pedupaan jasa-jasa-Nya sendiri, yang tidak ternoda oleh kejahatan dunia ini. Ia menyatukan itu dalam pedupaan segala doa, puji-pujian, dan pengakuan umat-Nya, dan dengan semuanya ini Ia meletakkan kebenaran-Nya sendiri yang tiada tercela. Kemudian mengharumkan dengan jasa-jasa pendamaian Kristus, lantas asap dupa itu naik ke hadapan Bapa dan diterima seluruhnya oleh Bapa. 

  

Demikianlah semua orang dapat melihat segala sesuatu di dalam penurutan, penyesalan, pujian dan pengucapan syukur yang harus diletakkan di atas api kebenaran Kristus, yang sedang menyala-nyala. 

GBU all.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...