Rabu, 26 Agustus 2020

Kabar Baik 29 Agustus 2020 : BAHAYA DARI SIFAT PERCAYA DIRI SENDIRI

Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan lblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.---2 Korintus 12: 7. 

  


Sifat percaya pada diri sendiri mengarah pada pengabaian perhatian dan doa yang rendah hati, pertobatan. Ada godaan-godaan lahiriah yang harus dihindari dan musuh-musuh batiniah serta kebingungan yang harus diatasi, karena Iblis menyesuaikan pencobaan-pencobaannya terhadap karakter-karakter dan watak-watak yang berbeda dari individu-individu. 

  

Jemaat Kristus selalu dalam bahaya. Iblis berusaha untuk menghancurkan umat Allah, dan pikiran satu orang, penilaian satu individu, tidak cukup untuk dipercaya. Kristus akan menyatukan para pengikut-Nya bersama dalam kekuatan jemaat, mematuhi peraturan, memiliki kaidah dan disiplin, dan semua orang tunduk satu sama lain, menghargai orang lain lebih baik dari diri mereka sendiri. Persatuan dan keyakinan sangat penting bagi kemakmuran jemaat. Jika semua anggota jemaat merasa bebas untuk bergerak secara independen dari yang lain, mengambil jalan mereka sendiri yang ganjil, bagaimana jemaat bisa berada dalam keselamatan di saat bahaya dan risiko? Kemakmuran dan keberadaan sebuah jemaat tergantung pada tindakan, persatuan dan saling percaya dari para anggotanya. Ketika, pada saat yang kritis, seseorang membunyikan alarm bahaya, ada kebutuhan akan pekerjaan yang cepat dan aktif, tanpa berhenti bertanya dan mengumpulkan seluruh subjek dari ujung ke ujung, sehingga membiarkan musuh mendapatkan keuntungan dengan penundaan, maka tindakan kesatuan dapat menyelamatkan banyak jiwa dari kebinasaan. 

  

Allah ingin umat-Nya bersatu dalam ikatan terdekat persekutuan Kristen; keyakinan pada sesama anggota jemaat adalah penting bagi kemakmuran jemaat; persatuan aksi adalah penting dalam krisis agama. Satu langkah ceroboh, satu tindakan yang tidak hati-hati, dapat menenggelamkan jemaat ke dalam kesulitan dan cobaan yang mungkin tidak akan pulih selama bertahun-tahun. Salah satu anggota jemaat yang dipenuhi dengan ketidakpercayaan dapat memberi keuntungan bagi musuh besar yang akan memengaruhi kemakmuran seluruh jemaat, dan banyak jiwa mungkin hilang sebagai akibatnya. Yesus mau para pengikut-Nya tunduk satu sama lain; lalu Allah dapat menggunakannya sebagai alat untuk saling menyelamatkan; karena seseorang tidak dapat membedakan bahaya yang dilihat mata orang lain dengan cepat; tetapi jika kehendak yang tidak dapat membedakan kepercayaan mematuhi peringatan itu, mereka dapat diselamatkan dari kebingungan dan cobaan yang besar.

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...