Sabtu, 08 Agustus 2020

Kabar Baik 10 Agustus 2020 : SALURAN TERANG

Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat.---Kisah Para Rasul 9: 6.  

Ananias hampir tidak dapat menghargai perkataan malaikat; karena laporan mengenai penganiayaan yang pahit Saulus terhadap orang-orang suci di Yerusalem telah tersebar jauh dan luas. Ia mengira untuk bertukar pikiran, "Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem. Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu." Tetapi perintah itu tegas: "Pergilah sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel."  

Patuh kepada petunjuk malaikat, Ananias mencari orang yang baru saja mengeluarkan ancaman terhadap semua orang yang percaya kepada nama Yesus; dan meletakkan tangannya pada penderita yang menyesal, ia berkata,"Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus..."  

Kemudian Yesus memberikan persetujuan kepada kekuasaan jemaat-Nya yang dibentuk dan menempatkan Saulus sehubungan dengan perantara yang telah ditentukan-Nya di dunia ini. Kristus sekarang mempunyai jemaat sebagai wakil-Nya di atas dunia ini, dan kepadanya termasuk pekerjaan untuk mengalihkan perhatian orang berdosa kepada jalan kehidupan.  

Banyak yang mempunyai buah pikiran bahwa mereka bertanggung jawab kepada Kristus saja untuk terang dan pengalaman mereka, tidak bergantung kepada pengikut-pengikut-Nya di dunia. Yesus adalah sahabat orang-orang berdosa, dan hati-Nya terjamah dengan kesengsaraan mereka. Ia mempunyai segala kuasa, baik di surga maupun di dunia ini; tetapi Ia menghargai alat yang telah ditentukan-Nya untuk penerangan dan keselamatan manusia. Ia memimpin orang berdosa kepada jemaat, yang telah dijadikan-Nya saluran terang kepada dunia ini.  

Bila di tengah kebutaan kesalahan dan prasangkanya Saulus telah diberi kenyataan tentang Kristus yang telah dianiayanya, ia ditempatkan dalam hubungan yang langsung dengan jemaat, yang menjadi terang dunia. Dalam hal ini Ananias mewakili Kristus, dan juga mewakili pendeta-pendeta Kristus di dunia ini, yang ditunjuk untuk bertindak sebagai pengganti-Nya. Dalam tempat Kristus Ananias menjamah mata Saulus, supaya ia dapat menerima terang. Dalam tempat Kristus ia menempatkan tangannya kepadanya, dan sementara ia berdoa dalam nama Kristus, Saulus menerima Roh Kudus. Semuanya dilakukan dalam nama dan dengan kuasa Kristus. Kristus ialah mata air; jemaat itulah menjadi saluran komunikasi. 

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...