Jumat, 31 Juli 2020

Kabar Baik 31 Juli 2020 : KOMITMEN ORANG TUA

Hiduplah sebagai anak-anak terang.---Efesus 5: 8.

 

Kepercayaan yang suci telah diserahkan kepada para orang tua, untuk menjaga keadaan fisik dan moral anak-anak mereka, sehingga sistem saraf mereka memiliki keseimbangan yang baik, dan jiwanya akan aman. Para ayah dan ibu haruslah mengerti tentang hukum kehidupan, agar mereka tidak membiarkan kecenderungan yang salah berkembang di dalam diri anak-anak mereka melalui kelalaian. Diet memengaruhi baik kesehatan fisik maupun moral. Betapa hati-hatinya, seorang ibu seharusnya belajar untuk menyiapkan meja makan dengan kesederhanaan, dan dengan makanan-makanan yang menyehatkan, agar organ-organ pencernaan tidak menjadi lemah, agar saraf-saraf seimbang, atau kalau tidak, maka perintah-perintah yang mereka berikan akan dilawan.

 

Iblis melihat bahwa dia tidak memiliki kekuatan besar untuk menguasai pikiran kalau selera dikendalikan, daripada kalau dibiarkan melakukan pelanggaran, dan dia selalu rajin bekerja untuk menuntun orang melakukan pelanggaran. Di bawah pengaruh makanan yang tidak menyehatkan, maka hati nurani akan menjadi bodoh, pikiran digelapkan, dan daya tahan pengaruhnya akan dilumpuhkan. Tetapi kesalahan dari si pelanggar tidaklah berkurang karena hati nurani telah ditekan sehingga tidak lagi mempunyai perasaan.

 

Karena keadaan pikiran yang sehat bergantung pada keadaan normal dari tenaga hidup, maka pemeliharaan haruslah dilatih untuk tidak membiarkan penggunaan obat-obatan narkotik. Namun tetap saja kita melihat sejumlah besar orang yang mengaku sebagai orang Kristen menggunakan tembakau. Mereka memanjakan kejahatan tidak bertarak; dan kalau berbicara melawan pemakaian minuman keras, orang-orang ini akan menyemburkan bau tembakau. Di dalam diri orang-orang ini haruslah ada perubahan sebelum akar kejahatan dapat dihentikan. Teh dan kopi juga dibiarkan memuaskan selera sebagai perangsang yang lebih kuat. Kemudian kita pulang ke rumah untuk menyiapkan makanan, dan bertanya, apakah pertarakan dilakukan di dalam segala hal? Apakah reformasi yang perlu diadakan demi kesehatan dan kebahagiaan dijalankan di sini?

 

Setiap orang Kristen sejati haruslah mengendalikan selera dan nafsunya. Kecuali dia bebas dari perhambaan selera, dia tidak akan dapat menjadi orang yang benar, hamba Kristus yang menurut. Pemanjaan selera dan nafsu akan memudarkan kebenaran yang ada di hati. Tidaklah mungkin bagi roh dan kekuasaan kebenaran menyucikan manusia, jiwa, raga, roh, bilamana dia masih dikuasai dan dikendalikan oleh keinginan-keinginan hawa nafsu.

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...