Minggu, 10 Januari 2016

PESAN DALAM TAHUN BARU AYIN VAV! – BAGIAN 1

PESAN DALAM TAHUN BARU AYIN VAV! – BAGIAN 1

Beberapa hari lagi kita akan masuk dalam pergantian tahun Ayin Hey (5775) ke Ayin Vav (5776) saat matahari terbenam 12 September 2015 waktu Israel (1 Tishri). Tahun 5776 ini  disebut juga sebagai Tahun Yobel Besar. Banyak sekali yang meyakini bahwa ini adalah Yobel terahkir dari semua Yobel karena menggenapi perhitungan kitab Daniel. 

Ini adalah tahun mesianik, dimana orang Yahudi menanti-nantikan mesias mereka. Namun, dikalangan orang Yahudi ternyata ada kelompok yang tidak mempercayai perhitungan Yobel karena mereka belum melihat sebuah Sanhedrin seperti yang mereka inginkan di Israel. Sanhedrin yang ada di Israel saat ini, tidak diterima secara universal karena imam-imamnya dianggap tidak lengkap.

Sepanjang tahun Ayin (5770 – 5779), satu dekade ini bicara soal tahun mata. Dimana Mata TUHAN yang senantiasa tertuju kepada kita untuk mengajar, menunjukan jalan serta menasehati kita. Tetapi juga bicara soal mata kita yang senantiasa fokus kepada TUHAN.

Berikut adalah tahun-tahun yang akan kita jalani sampai tahun 5779 :
5770 : Ayin (mata)
5771 : Ayin-Alef (mata-kepala lembu).
5772 : Ayin-Bet (mata-rumah).
5773 : Ayin-Gimel (mata-kaki) .
5774 : Ayin-Daled (mata-pintu)
5775 : Ayin-Hey (mata-dia/menunjuk)
5776 : Ayin-Vav (mata-pengait)
5777 : Ayin-Zayin (mata-cangkul)
5778 : Ayin-Chet (mata-dinding)
5779 : Ayin-Tet (mata-keranjang)

Tahun-tahun tersebut mempunyai arti tersendiri sesuai lambang dari huruf Ibrani kuno seperti tersebut diatas. Sebagai contoh Tahun Ayin Hey juga ditandai dengan pencurahan Roh Kudus secara besar-besaran. Tetapi tahun Ayin Hey ditandai dengan banyak goncangan. Sebut saja  ISIS yang berusaha mengguncang iman orang yang percaya dengan cara melakukan pembunuhan-pembunuhan, munculnya kembali virus Ebola yang sebelumnya sudah punah, goncangan ekonomi dunia, bencana alam, dan lain sebagainya.

Tahun Ayin Vav 5776 (Tahun Yobel Besar)

Waw (dibaca wau, vau, atau vav) adalah huruf ke-6 dari abjad Semitik termasuk Abjad Fenisia, Abjad Aram, Abjad Ibrani, Abjad Suryani, dan Abjad Arab. “Vav” secara harafiah diartikan sebagai “hook” atau “keterikatan”, yang dapat diartikan keterikatan manusia antara bumi dan surga. Ini semakin membuktikan bahwa Kedatangan Tuhan sudah semakin dekat, dan kita sebagai anak Tuhan harus mempersiapkan diri kita.

Kita telah membahas sedikit mengenai beberapa perhitungan tahun yobel. Memang beberapa versi berbeda satu dengan yang lain, namun semua perhitungan itu jatuh di tahun 2015-2016. Saya percaya pada pergantian tahun baru nanti, kita semua akan masuk dalam suatu dimensi yang baru. Memang, kita tidak bisa menerka-nerka apa yang akan terjadi sepanjang tahun baru ini. Tetapi siklus Yobel sebelumnya menjadi bukti bahwa selalu ada peristiwa besar yang terjadi atas umat pilihan, Israel, di setiap tahun Yobel. Sebagai pegangan, kita harus melakukan beberapa hal berkaitan dengan makna dari Ayin Vav itu sendiri, yaitu :

1. Mata Tuhan sepenuhnya tertuju pada manusia kita. Ini akan menjadi tahun pelepasan dan tahun transformasi besar bagi yang percaya.

2. Tahun penggenapan seluruh janji dan  nubuatan. Jangan heran jika di waktu-waktu mendatang akan semakin banyak peristiwa dalam Alkitab yang akan terjadi.

3. Vav juga berbicara tentang “sulam”, seperti tangga dari bumi sampai ke surga, di mimpi Yakub. Saat itu Tuhan untuk pertama kalinya memperkenalkan diriNya kepada Yakub dengan berkata “Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak. Mari berdoa agar di tahun pembebasan ini, terjadi perjumpaan pribadi antara Tuhan dan jiwa-jiwa yang belum mengenalNya, sehingga tuaian semakin banyak. (Catatan Akhir Zaman)


* * * * *

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...