Minggu, 01 November 2020

Kabar Baik 02 Nop 2020 : PENEBUSAN YANG SEMPURNA

Jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.--1 Yohanes 2: 1. 

  

Yesus adalah Pembela kita, Imam Besar kita, Perantara kita. Posisi kita sama seperti orang Israel pada Hari Penebusan. Ketika imam besar memasuki tempat yang maha suci, mewakili tempat di mana Imam Besar kita sekarang memohon, dan mencurahkan darah pendamaian di atas tutup pendamaian, tidak ada korban pendamaian yang ditawarkan tanpanya. Sementara imam itu menjadi perantara dengan Tuhan, setiap hati harus tunduk dalam penyesalan, memohon pengampunan atas pelanggaran. 

  


Satu golongan bertemu golongan yang lain dalam kematian Kristus, Anak Domba disembelih karena dosa-dosa dunia. Imam Besar kita yang agung telah membuat satu-satunya pengorbanan yang bernilai dalam keselamatan kita. Ketika Dia mempersembahkan diri-Nya di kayu salib, penebusan sempurna dibuat untuk dosa-dosa umat manusia. Kita sekarang berdiri di pelataran luar, menunggu dan mencari pengharapan yang diberkati itu, kemunculan mulia dari Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Tidak ada pengorbanan yang ditawarkan tanpa Dia, karena Imam Besar melakukan pekerjaan-Nya di tempat yang paling suci. Dalam perantaraan-Nya sebagai pembela kita, Kristus tidak membutuhkan kebajikan seseorang, tidak juga membutuhkan campur tangan orang lain. Dia adalah satu-satunya penanggung dosa, satu-satunya korban penghapus dosa. Doa dan pengakuan harus ditawarkan hanya kepada Dia yang telah masuk satu kali untuk semua orang ke tempat yang paling suci. Ia akan menyelamatkan semua orang yang datang kepada-Nya dalam iman. Dia pernah hidup untuk membuat permohonan bagi kita. 

  

Kristus menyatakan Bapa kepada dunia, dan Dia mewakili di hadapan Allah orang-orang pilihan yang di dalamnya Dia telah memulihkan citra moral Allah. Mereka adalah warisan- Nya. Kepada mereka Dia berkata, "Dia yang telah melihat Aku telah melihat Bapa." Tidak seorang pun "mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya." Tidak ada imam, tidak ada agamawan, dapat mengungkapkan Bapa kepada putra atau putri Adam. Kita hanya memiliki satu Pembela, satu Perantara, yang mampu mengampuni pelanggaran. Akankah hati kita bersyukur kepada-Nya yang memberikan Yesus untuk menjadi pendamaian bagi dosa-dosa kita? Pikirkan secara mendalam tentang cinta yang Bapa telah manifestasikan demi kita, cinta yang telah Dia nyatakan bagi kita. Kita tidak bisa mengukur cinta ini; untuk pengukuran tidak ada. Bisakah kita mengukur yang tak terbatas? Kita hanya dapat memandang ke Kalvari, kepada Anak Domba yang disembelih dari dasar dunia.

GBU.

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...