Jumat, 14 Maret 2014

Seberapa Baik Anda Mengasihi?

Seberapa Baik Anda Mengasihi?
oleh Rick Warren

 “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.” Markus 12:30-31 (BIS)

Sebelumnya kita membicarakan faktor pertama dari lima faktor yang mempengaruhi identitas Anda. Kita semua diciptakan dengan sangat kompleks dan penuh kekurangan, tetapi sampai kita menerima diri kita - termasuk kelemahan kita - kita tidak dapat membuat perubahan dalam hidup kita yang akan membawa transformasi yang benar.

Faktor kedua yang mempengaruhi identitas Anda adalah hubungan Anda. Hubungan Anda memberikan tujuan hidup Anda , makna , dan identitas . Jika Anda dibesarkan dengan hubungan disfungsional , maka Anda mempertanyakan tujuan dan berjuang dengan identitas.

Yesus mengatakan bahwa hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mengasihi Allah dan mengasihi orang lain ( Markus 12:30-31 ). Hidup  bukanlah tentang prestasi Anda atau akuisisi, popularitas atau prestise. Hidup adalah tentang seberapa baik Anda mengasihi .

Ada tiga masalah yang menghalangi kita untuk sepenuhnya mengasihi seperti yang dimaksudkan Allah :

Kita semua tidak sempurna . Tidak ada hubungan yang sempurna karena tidak ada orang yang sempurna .

Dosa memutuskan hubungan kita. Adam dan Hawa mengalami hubungan yang rusak pertama kali dan terputus dari Tuhan dan dari satu sama lain. Kita sudah memaafkan diri kita sendiri dan menuduh orang-orang yang kita kasihi sejak itu.

Semakin terputus hubungan kita, semakin kita menjadi takut. Kita mendambakan keakraban, tapi kita takut kerentanan. Kita mendambakan penerimaan, tapi kita takut ditolak.

Anda mungkin tidak memiliki pendapat terhadap penanganan yang Anda alami dalam hidup. Tetapi Tuhan mengirim putraNya sebagai Juruselamat Anda untuk mengubah Anda menjadi  tangan kemenangan. Tidak peduli hubungan apa yang Anda buat dalam hidup, Anda akan bertanggung jawab atas apa yang Anda lakukan dengan hubungan Anda hari ini.

Apakah Anda akan membiarkan Allah mempengaruhi hubungan Anda? Apakah Anda akan percaya  padaNya untuk masa depan Anda terlepas dari masa lalu yang sulit? Apakah Anda akan memelihara, melindungi, dan membangun hubungan sehingga Allah lebih dimuliakan dalam hidup Anda ?

Lakukanlah hari ini untuk membangun hubungan yang sehat dan tidak menyakitkan dengan bantuan Allah .

Renungkanlah:
Dalam hubungan apa Anda membutuhkan lebih banyak waktu atau kasih Kristus yang lebih?
Bagaimana Anda mempraktekkan "mengasihi sesamamu seperti dirimu sendiri"? 
Bagaimana dengan keluarga Anda yang kesulitan , rekan kerja , atau dalam suatu hubungan yang rusak?

Tidak ada komentar:

8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI

 8 NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya...